30 Agt 2013

Hidup Sesuai Pilihan

Suram adalah ketika hari masih siang dan seseorang bbm kamu dengan obrolan kayak gini:

Sebut saja A : Sekarang lagi dimana?

Aku : Di kosan.

Sebut saja A : Kalo boleh tau di kosan ngapain?

Aku : Ini sih lagi nonton film aja di laptop *sambil ngarep dia ngajakin makan atau nonton beneran di bioskop*

Sebut saja A : Seloo banget. Nggak produktip.

Aku : *Jleb!* *endchat* *becermin sambil meratapi ke-selo-an ini*


Setelah percakapan itu selesai, akhirnya aku merenung sambil menatap layar televisi yang lagi muter FTV di siang bolong *eh, ini nonton apa merenung yak*. Kalo dipikir-pikir, hidupku emang selo banget sih.

Semenjak wisuda dan memutuskan untuk jadi penyiar radio, rutinitasku emang nggak seperti biasanya. Kalo biasanya aku bolak-balik kampus buat bimbingan skripsi ataupun ngajar sebagai asisten praktikum, sekarang aku hanya pergi ke radio dan balik ke kosan. Yah, kadang-kadang nongki bareng temen-temen di sebuah cafe *santai banget hidupmu nak!*.

Aku jadi teringat saat semester 5 pas kuliah dulu. Kegiatan super padat dan nyaris nggak ada waktu buat hangout bareng temen. Aaaah, kehidupan remaja macam apa itu yah. Setidaknya, aku meluangkan waktu dua minggu sekali untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman agar nggak tersisihkan dari pergaulan. Bisa dibayangin donk ya, semester lima itu lagi padat-padatnya tugas kuliah yang cukup berat, ditambah aku aktif di senat mahasiswa dan menjabat sebagai bendahara, selain itu aku juga kerja parttime di sebuah tempat nongkrong paling hits di jogja *info sekalian sedikit pamer* *padahal sih nggak ada yang bisa dibanggain*.
pengurus senat mahasiswa FE UMY 2011-2012
Jaman kerja parttime dulu
Masih inget aja dulu itu nyaris nggak ada waktu selo. Kalo pulang kuliah siang, langsung siap siap kerja parttime 5 jam. Kalo kuliahnya sampe sore, langsung siap-siap kerja masuk shift malem sampe tengah malem. Begitu pulang ke kos, ngantuk dan akhirnya ngerjain tugas baru besok pagi. Di situlah awal mula aku ngintip-ngintip tugas temen karna nggak ada waktu selo *alesan* *minta ditabok*.

Tapi, positifnya adalah aku menjadi disiplin dengan kegiatan yang sangat padat itu. Selagi ada waktu kosong dikit aja,pasti aku sempetin buat nyicil tugas kuliah atau tugas bendahara senat. Pokoknya produktif banget deh. Sisi negatifnya, aku jadi sering mengeluh karna capek dan selalu iri ngeliat anak-anak muda yang bisa nongkrong apalagi sambil berpasang-pasangan *yee, kalo jomblo mah derita elu*.

Nah, untuk yang sekarang ini sih bertolak belakang yah. Hidup santai. Masalah waktu? Oooh, pasti selalu punya waktu kosong donk. Ngulur-ngulur pekerjaan? Nah, itu udah jelas sering banget saking banyaknya waktu kosong *tanpa bermaksud membanggakan diri*. Kadang, jadi mikir juga sih emang bener unproduktif moment banget yah. Nah, gimana biar bisa cukup produktif? Banyakin aja blog walking sekaligus posting di blog. Hihi.

Jadi, udah nggak ada deh yang namanya iri karena ngeliat anak muda nongkrong. Yang masih tetep sama adalah tetep mengeluh karena terlalu selo dan belum bisa nongkrong bareng pasangan. Hiks.

Intinya sih, semua hal yang kita jalani itu pasti punya sisi positif dan negatif. Sebagai orang dewasa, seharusnya bisa memilih dan menjalani konsekuensi dari pilihan kita donk. Sama halnya dengan memilih pasangan hidup loh *ups*.

Pesan : Jangan banyak mengeluh. Toh, kita bukan orang yang paling menderita di dunia ini. Dan satu lagi. Nikmati semua hal di hidupmu dengan ambil semua sisi positifnya.

*alhamdulillah bisa bijak*

8 komentar:

  1. *eh ini nonton apa merenung* hehe aku ngakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin lebih tepatnya merenung sambil nonton ya mbak :D

      Hapus
  2. Menikmati hidup itu yang penting.
    Selo atau tidaknya kan tergantung kita yang jalani:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju maak. intinya syukurilah kehidupan :))

      Hapus
  3. Mba' cece,, minta tips atur waktunya yg semester 5 dong..
    maacih..

    BalasHapus
  4. Jadi intinya walaupun selo-seloan bisa juga produktif lewat nulis di blog dan rajin blogwalking yaa.. ^_^

    Hayuuk bewe ke blog saya donkk..
    Hehehe.. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yak, bener. iya nih, sekarang saatnya BW lagiii, aku mau mampir yah :D

      Hapus