27 Sep 2015

Suka Duka Jadi Wartawan



Enggak kerasa udah hampir setahun aku tinggal di Jakarta. Perasaan gaya bahasa aku juga engga banyak yang berubah. Palingan sih hati aja yang jadi lebih keras kayak Jakarta.. *eaakk*

Tapi bukan soal hati yang mau aku ceritain. Aku lagi bersyukur aja, udah setahun jadi wartawan di Jakarta tapi enggak nelantarin blog ini sampe setahun juga..
*cari alesan lagi*
*padahal blognya udah ditelantarin hampir setengah tahun*

Sejujurnya sih, kenapa disempetin nulis lagi karna aku lagi pengen cerita soal suka duka jadi wartawan. Yah lebih tepatnya mau nyeritain dukanya aja padahal. Tapi biar judulnya keren akhirnya pake kata suka duka. Buahahahak.

Jadi kemarin pas aku lagi libur dan engga ada kerjaan, aku iseng-iseng googling berita soal terkejutnya Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) gara-gara penutupan gerai perusahaan ritel ternama di Indonesia, sebut aja Hero Group. Berita itu sebenernya follow up dari berita temen aku yang sebelumnya udah nulis hal yang sama di sini. Ternyata oh ternyata, berita yang pernah aku tulis itu nangkring di treadnya kaskus dan menuai banyak komen yang luar binasak.
*Padahal engga banyak-banyak banget*


Sambil minum jus jambu, aku baca deh komen-komen di bawahnya. Hmm..cukup kritis juga beberapa komennya soal perlambatan ekonomi di Indonesia saat ini. Tapi, tau-tau aku baca tulisan menohok yang mendadak ngebuat rasa jus jambu aku berubah jadi mengkudu. Pahit!!


retak hati adek bang!



Berita aku engga dipercaya man! Aku disangka pendustaaa!! Tidaakkk!!
*lempar jus jambu*
*kemudian nyesel karna belum abis*

Yah walaupun dia nulisnya engga secara tersurat kalau tulisanku ngibul, tapi kan hampir sama aja maknanya. Cuman, aku lagi mikir juga sih, memang banyak manusia-manusia di luar sana yang rada insecure sama media. Soalnya, beberapa media memang kadang engga nyajiin berita yang berimbang.


Nah tapi kan itu bisa dirasain sendiri sebenernya, misalnya berita politik. Itu biasanya rada-rada kurang berimbang memang. Makanya (tanpa maksud membenarkan), pembaca juga perlu lebih mencerna suatu berita khususnya soal parpol.

Tapi kalo berita aku yang tadi??? That's real! Ya ngapain juga kan pihak perusahaannya ngomong-ngomong udah tutup gerai. Mau cari sensasi gitu? Eh tapi bisa juga sih yah..

Cuman kan itu bukan berarti medianya yang ngibul. Narasumbernya tuh yang bermasalah kalau kayak gitu.
*Tetep engga terima*

Intinya, pengen share aja kalo jadi wartawan itu engga semudah kelihatannya. Ada kode etik yang harus dijunjung. Penyajian berita yang juga harus informatif dan nulis berita harus cover both side, supaya berita itu lebih netral dan engga tendensius.

Belum lagi kalo itu berita dicaci. Dibilang engga berbobotlah, dianggap ngejelek-jelekin pihak lainlah, bahkan dianggap enggak kredibel. Padahal, wartawan itu nyari narsumnya kan susah, apalagi kalo itu pejabat yang minim berkomentar, terus nanyanya dan ketemunya sulit. Giliran dia ngomong dan dibuat beritanya malah dicaci dan dihina. Padahal waktu itu hati lagi gundah gulana.. Emang gampang nyari jodoh? Gampang?! Engga kan!!

*eh kok jadi aneh*
*efek lagi PMS*
*engga nyambung, maklumin aja*

Walaupun memang sih engga semua wartawan juga mau menjunjung etika-etika itu. Yang penting kita mah tetep ngelakuin yang terbaik aja. Mau nanti dinilai kayak apa sama orang lain atau sampe engga dipercaya, yah cuma Tuhan yang tau kebenarannya.

Tapi yang jelas, sejauh ini berita atas nama Raisa Adila bisa dipercaya kok..hihihi
*Tetep promosi*


coba tebak saya yang mana?


Oh iya, jadi inget kisah seekor keledai dan pemiliknya yang sering jadi cerita motivasi kalau apapun yang kita lakuin memang engga akan pernah bisa menyenangkan semua pihak.


gambar diambil dari google

23 komentar:

  1. Risiko pekerjaan. Segala sesuatu yang kita kerjakan memang ga bisa menyenangkan semua orang. Semangat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah..yg penting diri sendiri seneng..heheh

      Hapus
  2. resiko pekerjaan sih! eh tapi belum pernah jadi wartawan sih :D tetap semangat aja ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya sekali kali dicoba jadi wartawan :p

      Hapus
  3. Apapun pasti ada resikonya, tetap semangat dan terus berkarya, mblo :p

    BalasHapus
  4. Setiap pekerjaan pasti ada resikonya, but dont give up kak, semangat :)

    http://litarachman.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. iya sih mbak rasanya kok pengin banting pintu kalau ada di posisi mbak, apalagi kalau lagi PMS, wkwkwk..
    tetep cemumud mbak :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah pengen banting hape mbak. Tapi urung gegara masih nyicil..haha

      Hapus
  6. MAyan ya LO, muncul di tipi hihihi. Etumben update :D

    BalasHapus
  7. Salam kenal mba... :)

    Dulu aku pengen jadi wartawan lho.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba..jadi wartawan banyak risikonya..hehe

      Hapus
  8. Salam kenal mba... :)

    Dulu aku pengen jadi wartawan lho.. hehe

    BalasHapus
  9. wah keren mba.. dulu sempet pengen jadi wartawan.. sukses ya... salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses juga ya mbaa..salam kenal :D

      Hapus
  10. Benar sekali, Mbak, yang penting ngelakuin yang terbaik aja, perkara nanti orang lain menilai apa, monggo mawon :)

    BalasHapus
  11. Tapi aku salut sama wartawan loh. Pergi ke mana-mana dengan segala resiko. Walau tiap kerjaan ada resikonya sih ya. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah..apalagi wartawan di medan perang. Itu risikonya luar binasaaa!!

      Hapus

  12. + Nonton Film Bioskop Terbaru Gratis -->
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®Ganool.at.ua
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®naruto168.clan.su
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®cinema21.at.ua
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®www.oke-tv.com
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®tv1.ucoz.ro
    [+] Nonton Anime Online Subs Dub English Indonesia ®anime.ganool.nl
    [+] Nonton Drama Korean Online Subs Dub English Indonesia ®korean.ganool.nl
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®ganool-168.blogspot.com
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®nonton-film168.blogspot.com
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®www-bioskop21-id.blogspot.com
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®ganool-21.blogspot.com
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®nonton-film-online21.blogspot.com
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®bioskop21id.tumblr.com
    [+] nonton film online makassarlink.tumblr.com
    [+] Nonton Film Bioskop 21 Online ®nontonfilm168.blog.com
    [+] nonton film online nontonfilmganool168.weebly.com
    [+] nonton film online nontonfilmgabool168.bravesites.com
    [+] nonton film online nontonfilmonline.blinkweb.com
    [+] nonton film online ganool168.skyrock.com
    [+] nonton film online ganool168.blogdetik.com
    [+] nonton film online ganool168.yolasite.com
    [+] nonton film online ganool168.cu.cc
    [+] nonton film online nontonfilm168.wordpress.com
    [+] nonton film online ganool168.blogspot.com
    [+] nonton film online nonton-film-bioskoponline.blogspot.com
    [+] nonton film online societaladdress.blogspot.com
    [+] nonton film online victoria-denson.blogspot.com
    [+] nonton film online ganool168.wikidot.com
    [+] nonton film online nontonfilmonline.xi.to
    [+] nonton film online downloadfilmbaru.xi.to
    [+] nonton film online bioskopkeren.cc.ai
    [+] nonton film online filmbioskop21.of.to
    [+] nonton film online di twitter @ganool168
    [+] nonton film online di twitter @fadly_168
    [+] nonton film online di twitter @KocakBgts

    BalasHapus